cara cepat menembus pasar internasional


STRATEGI/TIPS BISNIS MENEMBUS PASAR LUAR NEGERI LEWAT ONLINE


Kita pasti sudah mengerti dan paham bahwasan ny internet merupakan sebuah jaringan komputer yang mendunia, dan yang tidak mengenal batas antar negara. jadi internet dapat dimanfaatkan sebagai medium untuk menebus batas ekspor. karena kita bisa menjual barang ke manca negara tampa harus melakukan pameran di luar negeri atau bertemu dengan calon buyer secara langsung.

jadi dibawah ini saya uraikan beberapa strategi mendasar yang wajib anda lakukan demi menembus pasar luar negeri dengan menggunakan media internet:

A. mempunyai situs web yang mudah di jangkau di pasar
mempunyai situs web adalah langkah awal bagi anda yang harus anda lakukan untuk menembus dunia ekspor via internet. jadi melalui web inilah calon pembeli anda mendapatkan informasi lengkap mengenai siapa kita, dan barang produksi apa yang ada di bisnis anda, berapa banyak kapasitas produksi barang di bisnis anda, bagaimana kwalitas produk anda, dan pendukung lain untuk bisnis anda, anggaplah ini sebagai katalog produk anda tapi di bagian online.

Situs web bukan hanya penganti katalog produk anda, tapi situs web juga sebagai media untuk berkomunikasi yang interaktif dengan para calon pembeli. situs web juga harus dilengkapi dengan fasilitas untuk berkomunikasi langsung, baik melalui email maupun chat.

karakter situs harus sesuai dengan karakter pasar yang anda tuju, misalnya:
1.  anda ingin menembus pasar eropa anda harus mendesain situs web sebaiknya sederhana, klasik, tampa animasi aneh, sebab seperti itulah kebanyakan karakter desain eropa. 
2. anda ingin menembus pasar amerika serikat, karakter desain web anda harus modern kreatif, agar memudahkan orang amerika untuk tertarik membuka situs web anda.

untuk bahasa anda boleh buat bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa yang umum untuk berkomunikasi ke semua negara di eropa. dan jangan lupa buat beberapa versi bahasa untuk negara-negara lain agar lebih nyaman saat berkomunikasi.

B. search Engine Friendly
Wajib umumnya anda memiliki situs web yang search engine friedly, karena situs yang memenuhi standart ini akan memudahkan dan mempercepat diindeks oleh berbagai search engine utama.

C. Menguasai keyword yang tepat
kalau anda berjualan furniture, anda harus melakukan audit, apabila ketika pengguna internet mengetik keyword yang berkaitan dengan furniture itu, situs kita akan berada dalam halama pencarian yang strategis atau belum?. web kita tidak harus nomor 1 dari hasil pencarian. berada di halaman satu dari hasil pencarian saja sudah cukup.karena pengguna internet masih rela untuk membaca hasil pencarian sampai halaman ke 8.

walaupun demikian, penguasaan kata kunci pun perlu strategi khusus, karena sering sekali seorang pemilik situs sangat bangga saat melihat situs webnya di nomor pertama saat di search engine, padahal tu cuma hal biasa saja, dan yang paling utama itu adalah kata kunci yang di ketik oleh calon pelanggan online kita yang berkaitan dengan yang kita tawarkan.

D.  promosi online


walaupun calon pelanggan online akan datang dengan sendirinya jika situs kita search engine friendly, tetap saja sebuah web berorientasi berjualan harus dipromosikan dengan serius agar mendapatkan pengunjung yang berkualitas. 

ada 3 hal yang anda harus lakukan :
1. anda harus bergabung dengan e-marketplace dunia, seperti ALIBABA.COM, OLX.COM, BERNIAGA.COM serta emarket place vertical yang sesuai dengan produk yang kita jual. memang di sana persaigan sangat ketat, karena banyak penjual produk yang sama dari negara lain atau dari sesama perusahaan indonesia, tapi walaupun begitu dari situlah kita akan mudah ditemukan oleh calon pembeli serius.

2. anda harus bergabung di social nerworking dunia, karena jika ingin menembus pasar luar negeri salah satu yang harus anda rekomendasikan adalah Linkedin.com, masuklah ke sana dan bergabunglah dengan kelompok orang yang diasumsikan membutuhkan produk yang anda jual.

3. saat anda mempromosikan produk anda sebaiknya melalui google adwords karena melalui google sangat bermanfaat membantu anda ketika anda tidak mampu menguasai keyword-keyword tertentu.

E. Harus paham tentang ekspor barang

Langkah strategis harus betul-betul anda siapkan jauh-jauh hari, karena percuma kita mendapatkan banyak potensial pelanggan jika kita pada akhirnya tidak bisa mengirim barang ke negara tujuan karena tidak tau prosedur ekspor. jadi yang harus diperhatikan adalah soal transaksi pembayaran supaya kita jangan sampai tertipu, apalagi khususnya di dunia internet , dimana kita tidak pernah ketemu sama sekali dengan calon pelanggan bisnis jualan online kita.


Maka sebaiknya lengkapi terlebih dahulu diri anda dengan ilmu ekspor dan impor.

sekian informasi dari saya
semoga bermanfaat bagi anda....!

Related Posts:

0 Response to "cara cepat menembus pasar internasional"

Post a Comment