etika berbisnis

ETIKA DALAM DUNIA BISNIS

Pengertian etika bisnis
   Etika disebut sebagai studi filosofi perilaku manusia dengan penekanan pada penentuan apa yang dianggap salah dan benar, dari definisi ini kita bisa mengembangkan konsep etika bisnis. maka sebagian kita akan setuju bila standar etika yang tinggi membutuhkan individu yang punya prinsip moral yang kokoh dalam melaksanakannya.
   Berbisnis dengan etika adalah menerapkan aturan umum mengenai etika pada perilaku berbisnis, etika bisnis menyangkut moral, kontak sosial, hak dan kewajiban, prinsip dan aturan-aturan berbisnis, jadi secara umum mengenai etika menyatakan bahwa prilaku tidak jujur adalah tidak bermoral dan beretika. maka setiap insan bisnis yang tidak berlaku jujur dengan pegawainya, pelanggan, kreditur, dan lain-lain yang bersangkutan untuk bisnis anda maka ia akan dinyatakan tidak etis dan tidak bermoral. jadi intinya adalah bagaimana kita mengkontrol diri kita sendiri agar dapat menjalankan bisnis dengan baik  dengan cara kita harus peka dan toleransi.
   melanggar etika bisa terjadi dimana saja, terutama didalam bisnis, karena untuk meraih keuntungan, sebab masih banyak perusahaan yang melakukan berbagai pelanggaran moral, contohnya praktik korupsi,kolusi dan nepotisme (KKN).

   oleh karena itu bila ada yang melanggar aturan diberi sangsi untuk memberi pelajaran kepada yang bersangkutan. ada tiga sasaran dan ruang lingkup pokok etika bisnis.yakni :

   1. Etika bisnis sebagai etika profesi membahas sebagai prinsip, kondisidan masalah yang terkait dengan praktekbisnis yang baik dan etis.
   2. menyadarkan masyarakat, khususnya konsumen, buruh, dan masyarakat luas yang memiliki aset umum semacam lingkungan hidup. maka hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktik bisnis siapa pun juga.
   3. Etika bisnis juga berperan untuk sistem ekonomi yang sangat menentukan etis tidaknya suatu praktek bisnis. maka etis bisnis lebih bersifat makro atau atau lebih tepak nya disebut etika teknik. jadi dalam lingkup makro, etika bisnis bicara soal monopoli, oligopoli, kolusi. maka praktik semacam ini yang akan sangat mempengaruhi, tidak saja sehat tidaknya suatu ekonomi, melainkan juga baik tidaknya praktik bisnis dalam sebuah negara.


sekian informasi yang saya berikan tentang etika berbisnis, semoga bermanfaat....

Related Posts:

0 Response to "etika berbisnis"

Post a Comment