Pengertian laporan manajemen bisnis usaha


LAPORAN MANAJEMEN




Dalam menjalankan usaha bisnis yang paling utama dan harus di laksanakan adalah laporan managemen. Banyak wirausahawan berpendapat bahwa informasi yang diperlukan untuk managemen dapat diperoleh dari laporan rugi laba yang dipersiapkan untuk pejabat pemerintah dan perpajakan sekali  setahun, berikut ini jenis-jenis laporan yang wajib kita ketahui saat menjalankan usaha, yakni:
1.     
  1.      Laporan harian
Informasi harian yang anda butuhkan semata-mata bersifat operasional. Fakta dan angka untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari meliputi posisi kas harian, ringkasan penjualan, pembayaran kontan, uang yang diterima dari tagihan utang, saldo kas dalam bank, saldo akhir kas.

Dari informasi itu anda dapat menafsir laba atau rugi harian yang dapat dikumpulkan setiap hari untuk menafsir laba atau rugi dalam mingguan, bahkan ada beberapa hari yang rugi dan ada hari-hari lain yang akan menghasilkan laba yang besar. Jadi anda harus dapat menyesuaikan strategi arus kas dan dagang bila diperlukan.

      2.       Laporan bulanan
Informasi bulanan yang harus anda butuhkan kan harus terperinci dan harus di analisa lagi dari laporan harian yang anda buat, jd anda akan tau keuntungan dan kerugian yang anda alami dalam sebulan.

Laporan bulanan harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
a.       Laporan laba rugi yang terperinci.
b.      Analisis penjualan dan inventaris produk dan jasa.
c.       Analisis dari arus kas, debitor, kreditor  dan ikatan keuangan.
d.      Analisis rasio intern yang menunjukkan tingkat efesien dan menyorot antara rencana dan realisasi sebenarnya.

      3.       Laporan Tahunan
Laporan tahunan adalah laporan utama yang anda hasilkan selama setahun, jadi dalam laporan tersebut lebih dijelaskan tentang neraca yang anda dapatkan selama setahun, paparan kerugian anda, dan keterangan arus kas untuk dasar bagi perencanaan strategi.

sekian informasi yang saya berikan semoga bermanfaat bagi anda semua...

Related Posts:

0 Response to "Pengertian laporan manajemen bisnis usaha"

Post a Comment