cara mengatur waktu dengan baik

    cara mengatur waktu dengan baik



 mungkin anda pernah mengikuti berbagai macam seminar khusus ny di bidang manajemen waktu, bahkan anda pun sering membaca buku tentang manajemen waktu,dan internet dari gadget tentang bagaimana mengatur waktu yang baik untuk usaha bisnis yang anda jalankan.
lalu apakah anda perlu semua gadget dan buku yang berhubungan tentang manajemen waktu? anda tidak bisa mengatur pekerjaan tampa alat tersebut?

jawabannya cuma ada di diri anda sendiri, karena kalau anda mau mengatur waktu yang ada dengan semaksimal mungkin maka segala aktivitas bisnis anda akan berjalan dengan baik, karena semua alat-alat bantu tersebut hanya perantara saja, karena dalam mengatur waktu anda terlebih dahulu harus mengetahui arti dari waktu. 

ada dua jenis waktu pada jam dan waktu sebenarnya (nyata), berikut pengertian nya:

a. waktu pada jam ada 60 detik dalam satu menit, 60 menit dalam satu jam, 24 jam dalam sehari dan 365 hari dalam satu tahun. waktu ini berlalu sangat cepat, saat seseorang berusia 50, maka dia benar-benar berusia 50 tahun.

b. waktu sebenarnya (nyata) adalah semua waktu itu relatif, karena waktu bisa berlalu tergantung dengan apa yang anda lakukan. karena dalam sebuah pabrik motor waktu dua jam bisa terasa seperti dua belas tahun, dan dua belas tahun masa kanak-kanak anda bisa terasa seperti dua jam saja. karena waktu nyata itu terkait dengan mental dan pola pikir anda sendiri. dan anda dapat menciptakannya. maka apapun yang anda ciptakan pasti anda akan dapat mengatur nya sendiri. 

ada 3 cara untuk menghabiskan waktu 
1. berpikir
2. bercakap-cakap
3. melakukan sesuatu.

sebagai seorang pengusaha, waktu yang anda miliki pasti akan sering terbagi. saat anda tidak bisa menghilangkan interupsi-interupsi itu, anda harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang harus anda luangkan untuk interupsi tersebut. 



Praktekan ke-sepuluh teknik di bawah ini untuk menguasai pengaturan waktu Anda!
  1. Bawalah jadwal, dan ingatlah seluruh isi pemikiran Anda, percakapan, dan kegiatan yang harus Anda lakukan selama seminggu. Ini akan membantu Anda untuk memahami berapa banyak hal yang dapat Anda selesaikan dalam satu hari, dan kapan waktu-waktu berharga Anda akan berlalu. Anda akan dapat melihat berapa banyak waktu yang Anda luangkan untuk mencapai hasil, dan berapa banyak waktu yang telah Anda buang untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.
  2. Segala kegiatan dan percakapan yang penting untuk kesuksesan Anda harus ada jangka waktunya. List pekerjaan Anda akan bertambah sangat banyak jika Anda mengisinya dengan hal-hal yang tidak bisa dikerjakan. Buatlah jadwal untuk diri Anda sendiri dimana Anda bisa meluangkan waktu untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang produktif bagi diri Anda. Lakukanlah hal ini secara disiplin.
  3. Rencanakanlah setidaknya 50% dari waktu yang Anda miliki untuk menghasilkan hal yang produktif.
  4. Rencanakanlah waktu untuk beristirahat, menarik diri dari semua kesibukan yang Anda miliki.
  5. Luangkan 30 menit pertama setiap harinya untuk merencanakan hari Anda. Jangan memulai aktivitas Anda sebelum Anda selesai merencanakannya. Saat yang paling penting dalam hari Anda adalah saat dimana Anda merencanakannya.
  6. Luangkan waktu selama 5 menit untuk setiap undangan dan keputusan yang harus Anda datangi dan Anda ambil. Ini akan membantu Anda memperlihatkan prioritas yang harus diutamakan, dan membuat Anda merasa bahwa waktu tidak berlalu begitu cepat. Luangkan pula 5 menit setelah aktivitas atau keputusan yang Anda ambil untuk menentukan apakah target yang Anda tentukan hari ini tercapai atau tidak. Apakah ada yang terlewat, atau tidak.
  7. Jangan ragu-ragu untuk menolak interupsi dari siapapun juga saat Anda benar-benar harus mengerjakan sesuatu sampai selesai.
  8. Berlatihlah untuk tidak mengangkat semua telepon yang masuk, atau mengecek e-mail yang masuk hanya karena handphone Anda berdering. Matikanlah koneksi telepon Anda. Jangan berikan perhatian Anda secara mudah kepada orang lain kecuali hal itu benar-benar krusial dalam bisnis Anda. Jika hal itu benar-benar menentukan bisnis Anda kedepannya, Anda malah harus menyediakan jadwal khusus untuk meladeninya.
  9. Blokirlah semua hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti Facebook dan sosial media yang lain, kecuali Anda menggunakan hal itu untuk membantu bisnis Anda.
  10. Ingatlah bahwa mustahil untuk menyelesaikan semuanya. Dan ingatlah bahwa hal yang baik adalah membuat dua puluh persen kegiatan Anda menghasilkan delapan puluh persen dari hasil anda
  berikut informasi yang saya sampaikan semoga bermanfaat

Related Posts:

0 Response to " cara mengatur waktu dengan baik"

Post a Comment