mengolah sumber daya manusia

MENGOLAH SUMBER DAYA MANUSIA


      Dalam menjalankan bisnis usaha yang paling utama yang harus anda pikirkan adalah tentang sumber daya manusia, karena Perusahaan-perusahaan dengan tenaga kerja sering berhadapan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan sumber daya manusia, antara lain :
1.  Harus didapat orang yang tepat dan harus mengadakan seleksi yang tepat, karena dari seleksi     tersebut anda akan mendapatkan orang yang tepat untuk di pekerjakan.
2. harus memilih sumber daya manusia yang berpengalaman dalam bekerja.
3. harus mengatur kondisi sumber daya manusia dalam tugasnya agar tercapai kerja sama dan persatuan diantara mereka.

      untuk itu maka perusahaan besar harus memiliki bagian pegawai atau operasional (HRD/human resources development). jadi tugas kepegawaian (HRD) adalah sebagai berikut:
1.      penerimaan pegawai
bagian menerima pegawai bertugas untuk mencari tenaga kerja yang sesuai persyaratan, terlatih, dan beretos kerja tinggi untuk mengisi berbagai lowongan yang ada pada perusahaan.
Manajemen tenaga kerja yang baik diperusahaan ditunjukkan dari rendahnya labour turnovernya, yaitu kecepatan penggatian tenaga kerja.

2.      Pelatihan pegawai
Pelatihan pegawai baru pada umumnya adalah sebagai berikut:
a.       Latihan tempat tugas (training on the job)
b.      Latihan untuk tugasnya (training for the job)

3.      Pelayanan pegawai
Bagian pelayanan pegawai bertugas memberi pelayanan kepada pegawai meliputi :
a.       Fasilitas tempat makan (kantin)
b.      Ruang istirahat
c.       Sarana rekreasi
d.      Hiburan
e.       Olahraga

4.      Keamanan dan kesehatan
Perusahaan harus mempersiapkan sarana untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, terutama pada jenis pekerjaan dan tempat yang beresiko, maka perusahaan harus bekerja sama dengan rumah sakit dan balai kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berkala bagi pegawai.

5.      Evaluasi pekerjaan
Untuk bagian ini HRD bertugas untuk menilai kinerja karyawan, menilai kecakapan secara sistematis terhadap pegawai oleh atasan atau orang yang tahu benar melaksanakan tugas pegawai.




Related Posts:

0 Response to "mengolah sumber daya manusia"

Post a Comment