pemilihan tempat usaha



Pemilihan tempat kediaman usaha 


Pertama-tama kita harus membedakan pengertian tentang tempat kediaman dan tempat kedudukan,  tempat kedudukan berarti tempat (kantor) badan usaha, tempat kediaman berarti tempat perusahaan beroperas.

Antara tempat kediaman dan tempat kedudukan ada beberapa perbedaan, antara lain:
1.       Tempatnya harus baik untuk badan usaha, belum tentu baik untuk perusahaan
2.       Memilih tempat usaha lebih mudah dari pada tempat perusahaan.
3.      Suatu badan usaha yang mempunyai beberapa perusahaan harus memilih tempat yang berlainan untuk    tiap-tiap perusahaan itu.
4.    pemilihan tempat kediaman perusahaan banyak  tergantung pada tentabilitas yang diharapkan, seperti keuntungan yang timbul dari proses produksi, murahnya bahan baku, transport, tenaga kerja dan sebagainya.

Dalam praktek dunia usaha, tempat kediaman perusahaan dipengaruhi oleh 4 faktor, yakni:

1.       Faktor pemerintah
Pemerintah membuat suatu peraturan sesuai dengan perencanaan kota dan menunjuk daerah-daerah tertentu yang dapat dibangun tempat industri.
Pemerintah pun bermaksud menjaga ketentraman masyarakat dari keributan bunyi mesin(polusi suara), polusi udara, dan polusi air. Yang disebabkan oleh afval pakbrik.
Water sullution disebabkan oleh limbah pabrik, yang menyebabkan air  sungai dan danau berubah warna dan rasa. Kerugian nya ialah orang tidak bisa lagi memakan ikan yang hidup di air tersebut. Pemerintah sudah mempersiapkan segala sarana yang diperlukan guna mendirikan pabrik, untuk itu pemerintah memberi izin pihak swasta membangun industrial estate (kawasan industri).  Dalam kawasan ini sudah tersedia sarana jalan, listrik, telepon, proses limbah pabrik dan sebagainya.

2.       Faktor alam
Untuk mendirikan suatu perusahaan pun harus dipikirkan tentang faktor alam daerah yang akan kita bangun suartu perusahaan, karena dari faktor alam tersebut kita bisa tau usaha apa yang cocok didirikan di daerah tersebut. Seperti contohnya perusahaan kebun teh yang berada didaerah pegunungan, dan perusahaan pelayaran yang berada di pelabuhan.

3.       Faktor ekonomi
Pada umumnya faktor inilah yang banyak mempengaruhi pemikiran untuk memilih tempat kediaman,disini dipertimbangkan faktor yang mempengaruhi retabilitas perusahaan, seperti faktor ongkos angkut, upah buruh, pemasaran, dan sebagainya.
Ada dua faktor yang harus dipertimbangkan yaitu :
a.       Faktor biaya angkut
b.      Faktor upah buruh

Related Posts:

1 Response to "pemilihan tempat usaha"

  1. How To Make Money On Sports Betting
    Online sports betting is available for a whole หาเงินออนไลน์ host of US casino-roll.com and European sports betting markets. Some US states, like Louisiana ventureberg.com/ and New sol.edu.kg Jersey, 바카라 사이트 allow

    ReplyDelete